3 Ciri Guru Les Privat Yang Cocok Untuk Anak

Moms, seorang guru les privat dapat meningkatkan prestasi akademik dan mengembangkan rasa percaya diri anak Anda. Namun ini hanya mungkin dilakukan bila Anda menemukan guru les privat yang cocok dengan karakter dan gaya belajar sang buah hati. Sebelum Anda merekrut seorang guru les privat, ada 3 hal yang harus dipertimbangkan:

1. Mengajar dengan bersahabat.

Menurut Rossana Llenado, pendiri dari sebuah institusi jasa penyediaan guru les privat di Amerika Serikat, umumnya , penyebab utama dari kesulitan siswa dalam pelajaran tertentu adalah rasa takut pada pelajaran tersebut dan rasa takut pada guru yang mengajar. Ketakutan akan membuyarkan fokus anak pada mata pelajaran tersebut.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Unicef tentang hukuman pada anak menunjukkan adanya hubungan antara frekuensi hukuman dengan kemampuan belajar dan rasa takut. Dengan adanya hukuman, murid akan melakukan tugasnya hanya untuk menghindari hukuman atau menyenangkan sang guru sehingga tidak benar-benar mendapatkan keahlian dan pengetahuan yang mereka perlukan.

Anda perlu menemukan guru yang bisa menghilangkan ketakutan anak untuk belajar. Seorang guru yang mengerti psikologi anak dan tahu cara memotivasi anak untuk belajar. Seorang guru yang bisa membuat pelajaran menjadi menyenangkan bagi anak.

2. Kompeten dibidangnya.

Ada banyak guru yang cerdas dalam mata pelajaran tertentu, namun hal ini tidak otomatis menjadikan mereka pandai dalam mengajar. Guru-guru yang terpanggil dan berbakat untuk mengajar biasanya memiliki karunia untuk menjelaskan sesuatu yang rumit dengan cara sederhana yang dapat dimengerti anak.

Dalam banyak kasus, keterampilan maupun kreativitas dalam mengajar sangat tergantung dari pengalaman sang guru. Semakin tinggi jam mengajar guru, dan semakin banyak jumlah murid yang pernah dididik akan mengasah keterampilan guru untuk mengajar dengan baik.

Periksalah latar belakang atau dapatkan kesaksian dari murid-murid lain mengenai kompetensi guru tersebut dalam mengajar. Seorang profesor lulusan fisika belum tentu dapat mengajar.

Apabila Anda membayar mahasiswa untuk mengajar anak Anda, Anda bisa memastikan kompetensinya dengan mencari tahu apakah sang mahasiswa pernah mengajar adik-adik kelasnya atau murid-murid lain. Jika Anda telah memiliki calon guru, tanyakan apa metode mengajar dan rencana pembelajaran atau silabusnya.

3. Memiliki Target.

Guru privat yang baik haruslah memiliki target. Target ini bukan sekedar anak mendapat nilai bagus di sekolah, tetapi anak mengerti apa yang diajarkan. Jangan sampai Anda membayar guru yang hanya bisa mengerjakan PR anak saja. Bukan tugas guru privat mengerjakan PR, Moms. Tapi tugas guru adalah mengajari anak supaya bisa mengerjakan PR sendiri.

Dari 3 ciri ini, Moms bisa mulai mengenali guru privat yang cocok. Ingatlah tidak ada guru yang sempurna, dan guru les privat bukanlah penyihir yang bisa membuat nilai-nilai ulangan anak berubah dalam sekejap. Namun bila guru menunjukan perhatian dan membuat anak menyukai pelajaran yang diberikan, Anda layak mempertahankannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s