5 Manfaat Mengajar Anak-anak Menulis

Sebagai negara dengan tingkat literasi yang sangat rendah, menulis tidak menjadi prioritas utama di dalam kurikulum pengajaran di Indonesia. Padahal kemampuan menulis bukan hanya sekedar keterampilan dasar, tetapi dengan menulis siswa dapat mengembangkan suara atau perspektif mereka, dan mengomunikasikannya kepada orang lain.  

Mengapa kita tetap harus menyediakan waktu untuk mengajar anak-anak menulis? Karena ada begitu banyak manfaat dari menulis. Ini hanya lima di antaranya:

1. Siswa dan anak-anak menjadi lebih terorganisir dalam pemikiran mereka. Menulis melibatkan keterampilan organisasi yang akan akan membantu anak dalam mata pelajaran lain.

2. Siswa belajar untuk berkomunikasi, bukan hanya memberikan pendapat mereka. Di masa depan orang-orang yang memiliki keterampilan menulislah yang akan memahami audiens, mereka yang menulis lebih efektif akan menjadi komunikator yang kuat.

3. Seperti halnya membaca, kegiatan menulis berhubungan dengan berbagai aktivitas kehidupan. Menulis tidak hanya untuk kepentingan sekolah tapi adalah keterampilan hidup. Email untuk rekan kerja, surat kepada klien, pidato penerimaan untuk penghargaan, surat cinta kepada pasangan, masa depan anak-anak kita akan dipenuhi peluang untuk berkomunikasi secara jelas dengan menulis.

4. Anak-anak kita memiliki kesempatan untuk mempengaruhi dunia secara positif. Tulisan melalui buku cerita dan dongeng mempengaruhi dunia sekeliling kita. Tulisan dapat menjadi senjata untuk mempertahankan nilai-nilai yang baik. Dengan keterampilan komunikasi menulis mereka yang baik dan nilai-nilai yang Anda ajarkan maka mereka pun akan menjadi pengaruh positif bagi generasi mereka.

5. Anak-anak kita dapat mengajar generasi berikutnya. Anak-anak mereka — cucu-cucu kita, perlu tahu cara berkomunikasi dengan jelas secara tertulis. Keterampilan menulis sedang runtuh di sekeliling Mari lengkapi anak-anak kita dengan keterampilan hidup yang penting ini sehingga mereka dapat memiliki alat untuk mengajarkan generasi berikutnya.

Menulis bukanlah hal yang mudah untuk diajarkan. Bahkan para penulis pun mengakuinya. Temukan kurikulum menulis yang bisa diterapkan yang akan membantu anak-anak Anda berpikir, menulis, dan berpikir lagi. Menulis sangatlah berharga di masa sekarang maupun di tahun- tahun dari sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s