5 Cara Memotivasi Anak Belajar

Moms, sering kali nih anak-anak mood-nya berubah-ubah. Kalau sudah begini, anak akan malas belajar, malas mengerjakan PR, cuek dengan tanggungjawabnya dan lain-lain. Jadi penting bagi orang tua untuk memiliki strategi untuk memotivasi mereka dalam belajar. Memarahi anak hanya membuatnya akan membuatnya semakin tidak senang belajar. Sementara menuruti keinginan anak dan membiarkannya bermain games seharian akan menghancurkannya. Jadi, anak-anak memang harus dimotivasi, Moms. Cobain yuk tips berikut ini:

1.Ciptakan Suasana yang mendorong rasa ingin tahu anak Anda.

Wallpaper bertema ruang angkasa atau dinosaurus, mainan-mainan edukatif, hingga mengajak anak jalan-jalan ke museum, planetarium atau wisata edukasi lainnya. Ciptakan kesan kalau belajar itu seru dan menyenangkan.

2. Semakin bertambah usia anak, semakin penting peran teman sebaya.

Jadi Moms, jangan pernah melarang anak bermain dengan temannya. Pastikan anak memiliki teman-teman sebaya yang berpengaruh baik padanya. Berikan kesempatan mereka bermain dan belajar bersama. Bertemanlah dengan sesama orang tua murid dari sekolahnya. Dari interaksi tersebut, kita bisa memantau pertemanan mereka dan bersosialisasi dengan keluarga lain.

3. Berikan penghargaan.

Berikan penghargaan kepada anak setelah melakukan pekerjaan dengan baik. Penghargaan itu tak hanya berupa hadiah seperti mainan baru atau es krim kesukaannya, tetapi ucapan terima kasih yang tulus, pujian dan pelukan yang penuh kebanggaan. Hargailah perjuangan yang telah dilakukan anak-anak, maka mereka akan termotivasi untuk berjuang lebih keras lagi.

4. Ciptakan peluang untuk berkreasi.

Berikan kesempatan anak untuk berkreasi menyalurkan imajinasinya, di mana ia dapat menjadi kreatif dan dapat melihat hasil kreativitasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat prakarya, menggambar dan sebagainya.

5. Berikan Peluang Untuk Menikmati Keberhasilan.

Semakin banyak anak Anda dapat melihat hubungan antara perjuangan yang dia dapatkan dengan hasil yang dia peroleh, anak akan belajar untuk bekerja keras dan bertanggungjawab agar dapat memperoleh hasil yang baik. Berikan peluang pada anak untuk melakukan sesuatu, entah itu les untuk mengembangkan bakatnya atau mengikuti lomba-lomba yang sesuai dengan minatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s