4 Manfaat Mewarnai Bagi Anak-anak

Murid-murid saya senang sekali mewarnai. Saya sendiri pun senang menugaskan mereka mewarnai, karena dengan melakukannya, mereka bisa duduk tenang dan fokus dengan pekerjaan mereka. Tidak jarang begitu mereka selesai mengerjakan ulangan, saya mengizinkan mereka untuk menggambar dan mewarnai. Saya bahkan menyediakan worksheetnya. Saya juga sering mengintegrasikan kegiatan mewarnai dengan pelajaran lain supaya lebih menarik. Buat Moms atau teman-teman guru yang mau coba, bisa download worksheet di akhir postingan ini yah.

Jangan anggap remeh aktivitas mewarnai. Ternyata mewarnai bukan hanya sekedar kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak. Tapi ada banyak manfaat untuk anak-anak lho:

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Aktivitas mewarnai dapat meningkatkan kemampuan motorik halus, yang nantinya akan menolong anak-anak untuk belajar menulis dengan rapi, menggunting prakarya, membuat karya kerajinan tangan dan lain sebagainya. Kegiatan menggengam dan menggerakkan pensil warna atau krayon akan melatih kekuatan otot jari, tangan dan lengan anak. Ingin sang buah hati terampil dengan tangannya? Latihlah mereka mewarnai.

2. Menstimulasi Kreativitas dan Kecerdasan

Mewarnai dapat membuat anak-anak lebih cerdas lho. Entah mereka mewarnai dengan rapi atau tidak, keluar garis atau tidak, mewarnai dapat membangkitkan jiwa kreatif dan apresiasi terhadap keragaman visual. Aktivitas mewarnai dapat merangsang imajinasi dan menginspirasi anak untuk belajar berpikir, mengembangkan ide dan menerapkannya dengan kreatif.

3. Saluran Ekspresi Diri

Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan dirinya untuk menyatakan keinginan terdalam, kegembiraan, kesedihan, rasa percaya diri maupun harapan-harapan. Anak-anak pun perlu mengekspresikan dirinya. Karena anak-anak lebih cepat menerima dan menyajikan informasi secara visual, maka mewarnai dapat menjadi kegiatan ekspresi diri yang efektif. Di sini anak-anak tidak hanya bermain dengan warna, tetapi juga menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya dengan cara mereka menggoreskan pensil warna atau krayon dan menunjukkan seberapa mereka dapat mengontrol diri untuk mengikuti aturan. Terlihat dari berapa banyaknya goresan yang keluar garis atau tidak.

4. Menghilangkan Stres

Mewarnai dapat menjadi terapi untuk menghilangkan stress. Anak-anak sering kali tidak tahu bagaimana menangani rasa frustasi mereka. Ketika mereka dihadapkan pada emosi yang membingungkan seperti kemarahan atau kesedihan, aktivitas mewarnai sering kali dapat menenangkan mereka.

Dengan melihat begitu banyaknya manfaat mewarnai, yuk beri kesempatan pada anak-anak kita untuk sering melakukannya. 

Coloring Worksheet dog and cat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s