4 Hal Berharga Dari Film Zootopia Untuk Anak-anak

Menonton film ternyata tidak hanya sekedar untuk hiburan, tapi juga pendidikan. Mengangkat tema yang original, Zootopia melejit menjadi salah satu film favorit Disney dengan keuntungan lebih dari 1 milyar dolar. Orang dewasa maupun anak-anak jatuh cinta pada karakter utama Judy Hopps, sang polisi kelinci dengan rekannya Nick Wilde, serigala yang banyak akal. Film ini mendidik tanpa menggurui. Saya bahkan menggunakan film ini dalam kelas bahasa Inggris untuk memperkenalkan vocabulary tentang crime. Worksheet-nya dapat di download di akhir postingan ini. Tapi sebelumnya, yuk kita lihat hal-hal positif apa yang dapat kita ajarkan pada anak-anak lewat film ini?

  1. Jangan Biarkan Orang Lain Menghancurkan Impianmu.

Judy sangat ingin menjadi menjadi polisi sekalipun tidak ada kelinci lain yang melakukannya. Dia tidak menyerah ketika orang lain menertawakan dan merendahkannya. Dia berani untuk terus berjuang dan mengejar impiannya. Dia mengambil risiko. Dia berinisiatif untuk menolong orang lain. Lewat Judy, kita dapat memotivasi anak-anak kita untuk berjuang mengejar cita-cita mereka.

  1. Jangan naif ketika berhadapan dengan dunia nyata

Tentu mengajarkan anak-anak menjadi orang yang baik adalah hal yang sangat mulia. Tetapi kita juga harus menyadari dunia ini tidaklah sempurna, sehingga penting untuk menunjukkan pada anak-anak agar mereka tidak naif. Naif dan baik hati adalah dua hal yang berbeda. Ketika Judy baru pertama kali tinggal di kota besar, Judy melihat Nick Wilde membawa putranya ke toko es krim. Karena kasihan pada mereka, Judy membelikan es krim raksasa untuk mereka. Ternyata Nick menipu Judy, yang dibawanya ke toko bukanlah putranya memainkan partner nya dalam penipuan. Walaupun Nick pada akhirnya berubah, film ini menunjukkan pelajaran berharga bahwa manusia selalu mementingkan dirinya sendiri terlebih dahulu.

  1. Jangan menilai sesama dari penampilan luarnya.

Dari luar orang-orang selalu menganggap rubah adalah mahluk yang licik sehingga waktu Nick masih kecil, dia ditolak untuk masuk anggota pramuka. Judy lah yang mengingatkan Nick bahwa label dari orang lain tidak mendefinisikan identitas dirinya. Kata-kata Judy yang bijaksana dan semangatnya untuk mengalahkan kejahatan membuat Nick menyadari Judy bukanlah kelinci yang bodoh dan lemah. Kasus hilangnya hewan-hewan liar yang menimbulkan perpecahan di antara masyarakat Zootopia juga memberi pelajaran berharga mengenai rasisme.

  1. Menutupi Masalah Tidak Sama Dengan Memecahkannya

Ketika hewan-hewan di Zootopia berubah menjadi liar secara misterius, Lionheart yang menjadi wali kota Zootopia begitu khawatir karirnya terancam sehingga dia menculik dan menyembunyikan semua hewan liar tersebut. Bukannya mengerahkan segenap kekuatan penegak hukum untuk menyelidiki penyebabnya, Lionheart justru memilih menutupi masalahnya sehingga pada akhirnya malah memperburuk keadaan.

Masih banyak lagi hal-hal berharga yang dapat dipelajari film ini. Nah buat Anda yang mengajar bahasa Inggris, mungkin worksheet ini dapat membantu Anda yang ingin menggunakan film ini untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak.

Worksheet Zootopia – Crime Vocabulary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s