5 Strategi Mengajarkan Kosakata Bahasa Inggris

Ketika kita belajar bahasa yang baru, berapa banyak sih kosakata (vocabulary) yang kita perlukan supaya lancar? Pertanyaan ini selalu dengan sengaja saya ajukan ketika mengajar anak-anak kelas besar atau remaja yang merasa dirinya sudah pandai berbahasa Inggris, terutama anak-anak di wilayah perkotaan. Penelitian menunjukkan bahwa untuk mencapai tingkat kemahiran berbahasa yang dimiliki oleh native speaker, setidaknya diperlukan 10.000 hingga 20.000 kosakata untuk dapat dikatakan lancar (fluent) Angka ini terdengar besar, tetapi jika kita belajar dengan strategi yang tepat, kita dapat mempelajarinya dalam waktu yang lebih singkat.

Cara terburuk mengajarkan kosakata baru adalah memberikan pada anak puluhan vocabulary untuk dihapal begitu saja karena anak melupakannya dengan segera. Belajar vocabulary tidak bisa dilakukan seperti menghapal mantra. Karena itu, sebelum melakukan berbagai strategi untuk mengajarkan vocabulary ini, ada baiknya guru bahasa inggris memahami tiga hal berikut:

1.Kosakata aktif dan kosakata pasif

Kosakata aktif adalah kosakata yang sering digunakan oleh anak sehingga anak dapat langsung menggunakannya begitu dibutuhkan dalam percakapan, sementara kosakata pasif merupakan kosakata yang diketahui oleh anak, tetapi anak tidak otomatis menggunakannya dalam percakapan karena tersimpan dalam memori yang lebih jauh. Untuk mengubah kosakata pasif menjadi aktif, anak harus dirangsang dengan pembiasaan dalam mebaca maupun percakapan.

2. Gaya belajar setiap anak berbeda-beda.

Anak-anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang gaya belajarnya visual sehingga lebih cepat belajar ketika melihat gambar. Ada yang auditori sehingga lebih cepat belajar jika mendengarkan lagu maupun menghapal berulang-ulang. Ada yang gaya belajarnya kinestetis, dimana anak baru bisa belajar jika dilibatkan dalam suatu kegiatan. 

Dengan pertimbangan itu, kita dapat menerapkan beberapa strategi sesuai dengan gaya belajar anak, seperti:

1.Memberikan tugas membaca setiap hari.

Tugas membaca ini tidak harus banyak dan panjang, yang penting anak melakukannya secara rutin. Berikan bacaan yang pendek dan menarik dalam berbagai topik. Boleh juga dibuat sesuai tema. Misalnya, minggu ini belajar vocabulary tentang tanaman. Semua bacaan yang diberikan juga bertema tanaman. Setelah membaca, anak-anak dapat menuliskan kosakata baru yang mereka dapatkan. Saya biasanya menggunakan worksheet seperti ini. Saya share saja di sini, barangkali berguna 😊

Vocabulary worksheet for Reading Assignments

2. Membuat Poster, flash card atau Pictionary

Anak-anak dapat diberikan contoh flashcard dan membuatnya sendiri. Bisa juga mereka diminta membuat Pictionary dengan menempelkan gambar dan menuliskan nama-nama kosakata. Atau mereka juga dapat membuat poster dan mewarnainya bersama-sama. Ini cocok sekali dengan anak-anak yang gaya belajarnya visual.

3. Permainan di kelas

Ada beragam permainan di kelas, baik secara individu maupun berkelompok untuk menolong anak belajar bahasa inggris. Permainan cocok sekali dilakukan bagi anak-anak yang gaya belajarnya kinestetis. Ide-ide permainan ini ada banyak sekali, karena itu akan saya share di postingan yang akan datang ya. Stay tune 😊

4. Mendengarkan dan menyanyikan lagu

Mendengarkan lagu sebenarnya bukan hal yang baru dalam belajar bahasa. Hampir semua guru bahasa Inggris yang saya kenal melakukannya. Namun yang penting diperhatikan di sini adalah lagu yang dipilih. Kalau bisa lagu yang dipilih sesuai dengan kosakata pada tema yang diajarkan sehingga lagu tersebut dapat menolong anak-anak. Gunakan worksheet juga dengan beberapa kata kunci yang dihilangkan sehingga anak bisa mengisinya sendiri.

5.Menonton video

Menonton film atau video juga merupakan cara yang menarik sekaligus efektif untuk belajar. Namun sekedar membiarkan mereka menonton tidaklah cukup. Berikan juga follow up questions yang harus dijawab dengan menonton video tersebut. Dengan demikian, anak-anak akan bisa diajak berdiskusi mengenai topik dalam video tersebut.

Kalau rekan-rekan punya tips dan ide lain, boleh ya kita diskusikan di sini. Selamat mencoba 😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s